Selasa, 04 Januari 2011

Hijauan segar untuk ternak ruminansia

Hijauan segar untuk ternak ruminansia

Hijauan yang diberikan pada kambing dapat berupa daun lantoro, gamal dan daun nangka. Bila berdasarkan bahan kering, pemberian hijauan sebaiknya mencapai 3% dari berat badan atau 10-15% berat badan dalam bentuk segar. Sementara konsentrat dapat disusun dari bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak, tepung ikan serta ditambah mineral dan vitamin. Kandungan protein dalam konsentrat berkisar 16%. Selain pakan, kambing juga perlu diberi garam beriodium, bisa berbentuk Urea Molasses Block (UMB) yang digantung di dalam kandang. Air minum harus selalu tersedia (Susilorini dkk. Budidaya 22 ternak potensial, Penebar Swadaya, 2008).

Idealnya ransum komplit diberikan sekitar 3% dari bobot hidup ternak per hari. Dengan jumlah pakan tersebut, sapi tidak lagi memerlukan HMT atau rumput. Namun sebagian petani ternyata masih memberikan rumput. Sebagai contoh,jika ternak diberi pakan komplit 1,5% dari bobot hidup per hari,
peternak tinggal memberi rumput 50% dari kebutuhan semestinya.

Pakan konsentrat merupakan pakan tambahan, konten nutrisi yang baik pada pakan konsentrat adalah mengandung serat kasar (SK) <18%, kandungan zat pembentuk energy (TDN)> 60% dan mengandung protein kering tinggi.

Penelitian terdiri atas kajian kecernaan zat makanan ransum dan kajian pengaruh ransum terhadap produktifitas kambing betina. Ransum terdiri atas 65% konsentrat dan 35% rumput gajah atau jerami padi fermentasi berdasarkan bahan kering dengan kandungan protein kasar ransum 10%. Bahan penyusun konsentrat
adalah dedak padi, pollard, bungkil kelapa,bungkil inti sawit, bungkil kedele, onggok, urea,molases dan campuran mineral. Jerami padi yang digunakan dalam ransum telah difermentasi dengan menggunakan urea sebanyak 2500 g/ton dan probiotik sebanyak 2500 g/ton selama 3 minggu. Probiotik yang digunakan diproduksi di Balai Penelitian Ternak Bogor. Ransum perlakuan adalah (1) konsentrat+ jerami padi fermentasi potong (KJP), (2)konsentrat + jerami padi fermentasi giling(KJG) dan (3) konsentrat + rumput gajah(KRG).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar